Sepeda Motor

Tips Cara Servis Aki Kering Motor yang Mulai Soak

Hampir semua motor keluaran terbaru sudah menggunakan aki kering terutama motor matic. Sebagian besar orang awam beranggapan bahwa aki yang dimilikinya benar-benar kering tidak ada unsur cairan di dalam aki. Anggapan seperti ini perlu diluruskan, aki tipe ini tetap menggunakan cairan elektrolit. Tipe aki ini disebut VRLA battery (valve-regulated lead–acid battery) yang juga dikenal sebutan sealed battery (Aki disegel). Apabila aki sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tidak normal atau berfungsi kurang maksimal. Ada baiknya anda melakukan pengecekan dan segera menservisnya baik menggunakan…

Read More

Substitusi Gear Set Suzuki Axelo Pakai RX King

Pemilik motor yang berlogo S ini tidak seperti merk lainnya, karena sedikit kesulitan dalam mencari suku cadang. Tidak banyak toko yang menyediakan suku cadang motor suzuki ini. Khususnya suzuki Axelo, karena tidak melulu bisa saling tukar dengan shogun 125 yang merupakan pendahulunya. Nah, bagi anda yang ingin mengganti gear set namun kesulitan mencari sparepart orinya. Anda bisa menggunakan gear set milik RX King. Suzuki Axelo memiliki kesamaaan dengan Yamaha R King, perbedaaannya hanyalah pada ukuran mata dimana RX King lebih…

Read More

Mengapa Elektrik Starter Tidak berfungsi? Berikut Penyebabnya

Motor starter merupakan salah satu komponen yang memiliki peran cukup vital. Akan cukup merepotkan jika komponen satu ini mati atau rusak, jika motor anda dilengkapi dengan kick starter maka tidak menjadi suatu masalah. Karena cukup “di Slah” menggunakan kick starter maka kendaraan akan hidup, namun bagaimana dengan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan kick starter jika suatu saat motor starter mati atau tidak mau menyala. Jalan satu-satunya adalah dengan mendorong motor anda, tentu saja ini sangat merepotkan. Untuk memperbaiki motor starter…

Read More

Mau Mengganti Ban? Kenali Jenis dan Ukurannya

Hallo sobat dumot semua, gimana kondisi motornya, sehat? atau malah ban sudah mulai aus dan minta ganti yang baru? Kan banyak tuh berbagai jenis ban di pasaran, sobat dumot kebingungan mengganti jenis ban yang cocok buat kendaraan tercinta? Tenang, sidumot punya info nih bagaimana mencari ban yang tepat untuk motor kesayangan. Ban motor adalah komponen yang sering dianggap sepele namun memiliki peran yang sangat penting. Jadi jangan suka menyepeliin ban yah sobat, Karena ban merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan…

Read More

Saat Yang Tepat Mengganti Oli Motor Anda

Oli merupakan bagian terpenting pada kendaraan bermotor. Fungsinya untuk melindungi komponen-komponen dalam mesin dari proses gesekan komponen yang terjadi di dalam mesin. Untuk itu penting bagi kita untuk melakukan pengecekan oli secara rutin. Agar motor anda menjadi lebih awet dan berumur panjang. Lantas kapan saatnya mengganti oli motor yang benar ? Agar tidak terjadi hal yang tidak diingankan sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh anda. Jika yang tertera pada petunjuk pemakainnya biasanya 1500/km-4000/km. Untuk jarak tempuh 200 – 500 km,…

Read More

Cara Mudah membuat Lampu Kepala Sepeda Motor Menjadi Lebih Terang

Halo masbro semua, kali ini sidumot ingin berbagi tips siapa tahu emang yang masbro butuhkan. Kira-kira tips apa ya yang akan sidumot bagikan? yups, tips membuat lampu motor menjadi lebih terang cukup hanya menggunakan relay. Sebenarnya Lampu sepeda motor sudah disetting oleh produsen dan juga telah melalui uji kendaraan agar lampu tersebut memenuhi standar. Namun kerap kali para pemilik sepeda motor kurang puas dengan lampu standar pabrik, sehingga banyak pengendara yang suka mengotak-atik motornya agar lampu menjadi lebih terang. Salah…

Read More

Akselerasi Honda Vario Loncat-Loncat? Ini Penyebabnya…

Pernah ngga sih saat berkendara merasa ngga nyaman dengan kendaraan kita? Saat sedang bawa motor dengan santainya tapi justru tarikan gasnya tersendat-sendat. Hal iseperti ini sering sekali terjadi, jika tidak segera ditangani hal ini sungguh sangat mengganggu. Apalagi pada saat keadaan macet ngga enak banget pastinya kan? Sebenarnya banyak sekali faktor yang membuat motor jadi agak tersendat sendat. “Saya kebetulan pengguna Vario 110 CW 2008. Kenapa ya, saat jalan di bawah 20 km/jam, motor seperti loncat-loncat. Kondisi ini tidak enak…

Read More

Tips Mengganti Minyak Rem Sendiri di Rumah

Mengganti minyak rem sendiri? Kenapa nggak. Mengganti minyak rem sebenarnya cukup mudah, kita bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel dan mengantri menunggu giliran. Disini sidumot akan memberikan tips cara mengganti minyak ram sendiri. Sebelum kita mengganti minyak rem, kita harus tahu kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem? Masa pakai minyak rem sebenarnya tergolong lama yakni 1 hingga 2 tahun. namun karena lamanya masa pemakaiannya ini cenderung kita lupa untuk memeriksanya. Lantas, kapan kita…

Read More

Penampakan Machonya Yamaha Xabre 150!

Hallo sobat dumot sekalian, apakabar? Kemarin sidumot sudah berbagi info tentang Harga dan spesifikasi Yamaha Xabre 150. Nah, setelah kalian tahu harganya sekarang sidumot mau mengenalkan si Xabre ini lebih dekat lagi. Berikut adalah penampakan dari si Xabre 150 yang dikutip dari otomotifnet.com. Body keren, lebih berotot dan kekar terasa lebih macho jika mengendarai si Xabre Body belakang yang keren, dibekali dengan pelek dan ban yang lebar Lampu utama yang full LED Jok yang lebih rendah dan tangki yang besar…

Read More

Yamaha Xabre Di banderol Rp. 29,8 juta OTR

Halo sobat semua, kali ini sidumot ingin berbagi informasi tentang motor terbaru dari pabrikan Yamaha. Yamaha Xabre 150 yang baru dirilis di Bali oleh Yamaha Indonesia bersama Valentino Rossi kemarin. Yamaha Xabre 150 dengan karakter Streetbike / Nakedbike sangat cocok bagi senang extreme riding. Dengan tampilan bodi yang macho nan gahar menambah penampilan masbro menjadi lebih maskulin. Dengan Headlamp LED, suspensi Upside down, konsol meter full Negative LCD Digital, swing arm banana saya rasa memang pantas motor ini diposisikan di…

Read More